Breaking News

Benarkah Berdiri Lama Dapat Mengakibatkan Serangan Jantung?

Benarkah Berdiri Lama Dapat Mengakibatkan Serangan Jantung?

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita sering mendengar pernyataan bahwa duduk terlalu lama sangat tidak baik untuk kesehatan kita. Terutama untuk kesehatan tulang belakang yang akan terasa efek nya seteleh minimal 8 tahun yang akan datang. 

Lalu bagaimana cara yang benar untuk mengatasi hal tersebut? Apakah setiap hari kita harus bekerja sambil berdiri seharian? Jawabannya adalah tidak. Sebuah studi menarik kesimpulan bahwa rata-rata orang yang dengan pekerjaan lebih banyak dilakukan dengan berdiri misalnya, teller bank, chef dan lain sebagainya lebih beresiko mengalami serangan jantung.

Alasan meningkatnya resiko terkena penyakit jantung karena pola yang tidak benar ini sangatlah sederhana, saat kita berdiri dalam waktu yang relatif lama, darah akan berkumpul di kaki, sehingga akan memberikan beban sirkulasi yang lebih berat terhadap jantung kita. Hal inilah yang nantinya akan menyebabkan kita terkena resiko serangan jantung.

Apakah meja kerja model berdiri tidak baik untuk kesehatan kita?

Meskipun tidak banyak dijumpai pada lingkungan kita, namun meja dengan bentuk seperti ini sudah biasa diadakan untuk sebuah kantor-kantor yang memiliki pegawai dengan sistem kerja yang menuntut mereka untuk berdiri dalam jangka waktu yang relatif lama. Poin dasarnya adalah kesadaran diri untuk tetap bergerak ketika tubuh mengisyaratkan untuk bergerak. Duduk dan berdiri dalam jangka waktu yang relatif lama tidak baik untuk kesehatan kita.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa karyawan yang selalu aktif bergerak dengan cara mengkombinasaikan kegiatan berdiri, duduk dan berjalan memiliki resiko terhadap penyakit jantung lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang hanya berdiri seharian saja. Perlu diingat juga bahwa pola hidup yang relatif kurang gerak dan terlalu banyak dudu akan meningkatkan resiko serangan jantung secara drastis. Jadi manakah yang lebih baik untuk dilakukan? berdiri atau duduk saja? Keduanya baik untuk dilakukan, namun dengan rentang waktu yang tidak berlebihan.

Berikut ini adalah hal-hal sederhana yang dapat meningkatkan perlindungan terhadap resiko terkena penyakit jantung.

  1. Berhenti merokok. 
  2. Menerapkan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta diimbangi dengan mengkonsumsi buah-buahan akan membantu mengurangi resiko terkena serangan jantung. 
  3. Melakukan kontrol terhadap tekanan darah tinggi. Hal ini juga penting untuk dilakukan, mengingat orang yang mempunyai masalah dengan tekanan darah tinggi lebih besar beresiko terkena serangan jantung. Mengurangi konsumsi garam pada makanan dan meminum obat anti hipertensi adalah hal yang bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi. 
  4. Melakukan kontrol terhadap gula darah, dengan mengontrol konsumsi gula setiap hari nya akan membantu menjaga kesehatan kita dan juga untuk orang yang memiliki diabetes lebih baik melakukan hal ini untuk mengontrol apakah masih dalam batas wajar atau tidak.
  5. Menjaga asupan makanan yang mengandung kolesterol seperti rendang, opor ayam, olahan bebek, dan lain sebagainya dapat membantu mengurangi resiko terhadap penyakit jantung.

Nah itulah beberapa keterangan yang dapat kami berikan tentang Benarkah Berdiri Lama Dapat Mengakibatkan Serangan Jantung? Semoga keterangan kami ini dapat membantu pertanyaan kalian semua.

No comments