Breaking News

8 Akibat Buruk ini bikin kamu berpikir ulang untuk begadang

8 Akibat Sering Begadang - Begadang merupakan kebiasaan buruk yang sangat tidak disarankan. Namun karena tuntutan pekerjaan seperti harus lembur atau harus masuk sift malam, mau gak mau begadang harus dijalani. Begadang sendiri merupakan keadaan kita yang terjaga atau tidak tidur hingga larut malam. Keadaan ini tentu mempengaruhi pola istirahat kita yang tentunya juga akan brakibat pada kesehatan kita.
Begadang boleh saja, kalau baca garudantara...

Efek Buruk Begadang
Begadang merupakan salah satu kebiasaan buruk yang berefek buruk bagi kesehatan tubuh ketimbang memberikan manfaat. Terdapat pepatah mengatakan "Jangan begadang jika tidak ada perlunya" Hal tersebut benar adanya, karena begadang yang tidak ada perlunya hanya akan memeperburuk kondisi kesehatan kita.

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan
Istirahat kita menjadi berkurang saat begadang, bahkan jika kita begadang, maka pada saat bangun pagi pasti tubuh akan menjadi berat.Nah berbicara tentang begadang, pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang bahaya atau dampak buruk begadang bagi kesehatan dan juga kecantikan.
Berikut ini adalah 8 akibat sering begadang bagi kesehatan :

1. Sakit kepala                                              

Dampak buruk pertama dari kebiasan begadang adalag sakit kepala. Sakit kepala muncul karena tubuh kurang istirahat, tubuh yang seharusnya tidur 7-8 jam dalam semalam, terpotong karena begadang, selain itu begadang juga akan merusak banyak sel otak sehingga menyebabkan gangguan pada kepala seperti pusing, sakit kepala dan lain sebagainya.

2. Menurunkan konsentrasi

Banyak orang tua yang melarang anaknya untuk tidur larut malam, hal ini dikarenaka begadang dapat menurunkan konsentrasi otak anak, sehingga membuat anak menjadi bodoh dan kesulitan dalam menerima pelajaran. Padahal tidur dimalam hari bermanfaat untuk menguatkan memori dalam pikiran, jadi bila tidak ingin sel otak menjadi rusak dan konsentrasi menurun, sebaiknya hindari begadang.

3. Melemahnya sistem kekebalan tubuh

Sering begadang akan membuat tubuh menjadi lesu, lemah, lemas dan tidak bersemangat. Hal ini juga menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemak sehingga mudah terserang penyakit. Tubuh yang seharusnya saatnya untuk beristirahat istirahat, namun malah sedang berkerja dapat berdampak kelelahan akut yang menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. 

4. Menyebabkan depresi

Dalam sebuah penelitian menyebutkan orang yang tidur kurang dari 5 jam dalam sehari selama 7 hari akan menyebabkan orang tersebut mengalami stres, cepat marah, sedih kelelahan mental dan berbagai masalah lainnya yang sangat erat hubungannya dengan depresi. Bahkan salah satu tanda orang depresi adalah sulit tidur atau insomnia.

5. Menyebabkan insomnia

Kebiasaan begadang dapat menyebabkan perubahan jadwal tidur, sehingga suatu ketika ketika orang yang sering begadang ingin tidur lebih awal akan mengalami kesulitan.

6. Pelupa atau pikun

Begadang tidak boleh dianggap sesuatu yang sepele. Jika dilakukan satu atau dua kali mungkin hanya menurunkan konsentrasi, akan tetapi bila dilakukan setiap hari maka akan menyebabkan beberapa gejalan lain seperti pikun atau pelupa. Nah, bila Anda adalah seorang pelupa, bisa jadi penyebabnya adalah begadang ini.
Pada saat tubuh kita terlelap, maka otak akan mengingat informasi yang telah terjadi selama seharian.Hal ini dikarenakan jadwal tidur terganggu sehingga kerja otak juga jadi terganggu. Banyak begadang juga dapat memberikan efek pada orang menjadi pelupa dan pikun, dan jika terus dibiarkan bisa berdampak pada penyakit alzhaimer.

7. Menyebabkan obesitas

Akibat lain dari begadang adalah obesitas. Orang dapat menjadi gemuk dikarenakan sistem metabolisme tubuhnya terganggu, sehingga tubuh lebih cepat menyimpan lemak.
Bahkan jika Anda mau tahu, begadang juga seringkali membuat orang menjadi lapar. Jika sudah begini, orang akan apa saja yang bisa dimakan. Tidak heran, jika terus seperti ini maka tubuh dapat menjadi melar dan gemuk.

Ternyata kebiasaan begadang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah, hormon yang mengatur nafsu makan, bahkan perseps otak akan makanan berkalori tinggi. Saat tidur kadar gula dalam tubuh akan menurun. Penyebabnya adalah gula dalam tubuh yang digunakan hati untuk proses detoks. Kemampuan sel lemak dalam merespon insulin ini akan terganggu akibat kurang tidur. Penelitian menunjukan tidur kurang dari 5 jam dalam sehari dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2, hal ini terjadi sebab hormon yang mengatur metabolisme  berperan besar pada diabetes.

Itulah 8 akibat sering begadang. Jadi sebaiknya Anda cegah kebiasaan buruk ini karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

No comments