Breaking News

Bahaya Spons Cuci Piring


Bahaya Spons Cuci Piring - Bagi perempuan yang memiliki hobi memasak dan bersih-bersih rumah, Anda perlu menyimak artikel berikut ini. Biasanya setelah Anda masak di dapur pasti menggunakan banyak perabotan, nah setelah masak  perabotan dapur, biasanya akan susah sekali dibersihkan dari sisa lemak dan sisa makanan yang berminyak. Jika demikian, tentu saja Anda akan mencucinya bukan? Pastinya dicuci dengan menggunakan spons dan deterjen pencuci piring khusus.
Biasaya agar hemat sabun, kita akan merendam spons kedalam ari sabun pencuci piring dan dibairkan begitu saja. Kebiasaan ini justru bisa berbahaya bagi kebersihan perabot dapur Anda dan berdampak pada kesehatan.
Bahaya spos cuci piring bagi kesehatan

Bahaya Spons Cuci Piring

Mungkin banyak yang Anda belum mengetahui jika spons pencuci piring itu benda yang paling disukai kuman untuk bersarang dan menempel. Sehingga masyarakat kurang aware terhadap kebersihan spons.

Spons pencuci piring adalah alat sederhana yang tentunya biasa digunakan untuk mencuci peralatan dapur seperti piring, teflon, panci, gelas, mangkok, spatula, wajan dll. Spons merupakan benda yang tahan digunakan sampai berbulan-bulan, bahkan kita masih bisa menggunakannya meski telah berubah bentuk dan warna atau sudah kempes dan tidak mengembang sempurna.

Nah, terkadang kita selalu membiarkan spons dalam keadaan lembap. Jangan heran jika spons tersebut akan lebih kotor dan menjadi sarang kuman, karena bakteri akan menjadi lebih cepat tumbuh dan berkembangbiak ditempat yang lembap dan basah seperti spons. Kita sering beranggapan bahwa spons pencuci piring yang kita gunakan akan terbebas dari bakteri karena selalu terkena sabun cuci sehingga bakteri akan mati, namun ternyata anggapan itu salah besar.

Jika hal tersebut tetap dibiarkan maka bakteri Eschericia coli, Staphilococcus, Salmonella, dan kuman berbahaya lainnya bersarang dalam spons pencuci piring anda. Kuman-kuman itu merupakan penyebab berbagai macam penyakit, diantaranya saluran pencernaan seperti diare, demam tifoid, hingga keracunan makanan.

Nah disinilah kita perlu lebih aware terhadap spons pencuci piring yang digunakan jangan sampai lembab dan dibiarkan berbulan-bulan lamanya, kita mungkin masih menganggap remeh kebersihan spons pencuci piring namun walaupun sepele namun cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh kita kuman-kuman pada spons bisa berpindah ke tubuh manusia secara silang, melalui alat makan yang dicuci dengan menggunakan spons kotor. Sehingga dapat menyebabkan diare atau penularan penyakit lainnya.

Tips Untuk Membuat Peralatan Cuci Piring Selalu Bersih

Ada beberapa tips untuk membuat peralatan cuci piring selalu bersih diantaranya:

1.       Bersihkan spons pencuci piring dengan menggunakan microwave.
Rendam dahulu spons kedalam air hingga meresap. Masukkan spons basah kedalam microwave selama dua menit pada suhu “high”. Waktu dua menit ini sudah cukup untuk membunuh kuman-kuman. Hati-hati saat mengeluarkan spons dari microwave. Microwave bisa membunuh kuman 99,99%.

2.       Gunakan larutan seperempat sampai setengah sendok teh pemutih (klorin) per liter air hangat.
Rendam spons selama satu menit. Menurut USDA, pemutih klorin bisa membunuh kuman pada spons hingga 99,98%.

3.       Simpanlah spons yang telah dibersihkan di tempat yang kering.
Merendam spons dengan cairan sisa pencuci piring adalah hal yang salah, karena sisa cairan pencuci piring itu kotor dan sudah tercampur lemak di perabotan, dan sisa makanan lain justru bisa membuat kuman bandel.

4.       Gantilah spons setiap dua minggu sekali.
Dengan mengganti spons akan menghindarkan keluarga anda dari resiko infeksi kuman akibat spons.

5.Jangan gunakan spons untuk mencuci benda-benda lain seperti wastafel, lantai, dan benda yang sangat kotor seperti dasar panci.

6.Gantilah spon pencuci piring secara berkala maksimal 2 bulan sekali.
Spons pencuci piring yang meskipun terlihat bersih, namun jika kita kurang memperhatikan kebersihannya maka spons akan sangat kotor dan mengandung berbagai bakteri berbahaya yang dapat merugikan kesehatan jika sampai masuk kedalam tubuh.

Demikian adalah penjelasan tentang bahaya spons cuci piring yang perlu Anda ketahui agar dapat terhindari dari berbagai macam penyakit.

No comments