Breaking News

6 Fakta Bahaya Menahan Buang Air Kecil


- Terkadang saat kita berada dalam perjalanan atau sewaktu sedang berkerja, sedang rapat ataupun sedang melakukan sembarang aktivitas kita selalunya mempunyai kebiasaan suka menahan kencing, Hal ini dikarenakan daripada malas hendak ke toilet, dan merasa nanggung untuk menghentikan aktivitas kita. 

Bahaya Menahan Buang Air Kecil

Tahukah Anda kebiasaan ini mempunyai dampak yang buruk terhadap kesehatan kita.
Diantaranya masalah paling sering terjadi adalah penyakit infeksi pada saluran kencing. penyakit infeksi saluran kencing terjadi kerana adanya bakteri yang terdapat di saluran kencing. Urin yang terlalu lama disimpan di saluran kencing akan menyebabkan munculnya bakteri, yang akhirnya menyebabkan infeksi.
Bahaya menahan pipis

Fakta Bahaya Menahan Buang Air Kecil

Sebenarnya kemampuan tubuh seseorang untuk menyimpan air kencing dipengaruhi oleh masa tertentu.Untuk seorang wanita, biasanya mereka boleh menyimpan urin di saluran kencingnya selama tiga hingga enam jam. pekara ini juga bergantung dengan usia mereka masing-masing. Selain bergantung dengan faktor usia masing-masing, ukuran tempat urin dalam tubuh kita juga mempengaruhi seberapa lama seseorang dapat menahan untuk menunda buang air kecil. ada orang yang memiliki tempat menahan urin yang besar, dapat menampung air kencing yang lebih banyak dan otomatis bisa menahan lebih lama. Tetapi, sebaiknya Anda harus membuang air kecil secepat mungkin, karena hal tersebut jauh lebih baik. Berikut ini adalah 6 fakta bahaya menahan buang air kecil:

1. Rasa Nyeri Saat Buang Air Kecil
Menahan kencing terlalu lama bisa membuat Anda menjadi nyeri ketika buang air kecil. Orang yang banyak menahan kencing dalam kurun waktu yang lama akan merasa nyeri saat buang air kecil. Nyerinya ini sangat menyakitkan sehingga membuat buang air kecil semakin sulit.. Wah, bahaya sekali kalau sudah sampai begini.

2. Keluarnya Air Seni Hanya Sedikit Demi Sedikit
Bahaya menahan kencing berikutnya juga akan membuat urin yang keluar dari saluran kencing keluar sedikit demi sedikit, sehingga dapat memperlambat sistem ekskresi tubuh melalui saluran kencing.

3. Anyang-Anyangan
Pernahkan Anda mendengar fenomena ini? Anyang-anyangan adalah kondisi di mana kita sudah kebelet pipis namun susah keluar. Nah, makanya kamu harus segera buang pipismu kalau memang sudah kebelet.

4 . Gagal Ginjal
Kemudian bahaya menahan pipis selanjutnya adalah dapat memicu penyakit gagal ginjal. Tentu saja hal ini mengerikan sekali karena ginjal adalah salah satu organ yang dapat membantu tubuh mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak diperlukan lagi salah satunya adalah melalui urin. Jadi jangan biasakan emnahan pipis ya!.

5. Pecahnya Kandung Kemih
Kandung kemih adalah salah satu organ yang berfungsi untuk menampung air kencing sebelum dibuang oleh tubuh kita. Bayangkan saja jika sampai terjadi air kencing kita tidak keluar-keluar oleh tubuh karena kita menahannya terlalu lama? Ibarat seperti memasukkan air ke dalam balon terus-menerus. Pada akhirnya balon pecah juga. Nah jangan sampai hal ini terjadi pada saluran kandung kemih Anda.

6. Tumor dan Kanker
Tahukah Anda bahwa menahan kencing ternyata juga bisa membuat Anda terkena penyakit bahaya yaitu tumor dan kanker. Sebaiknya jangan menahan air kencing ketika Anda sudah merasakan ingin buang air kecil. Karena buang air kecil juga akan membuat tubuh Anda menyesuaikan suhu tubuh agar tetap stabil.

Nah itu dia adalah 6 fakta bahaya menahan buang air kecil. Jika Anda sudah menhetahuinya maka jangan lagi melakukan kebiasaan buruk ini ya. Bagikanlah artikel ini dengan orang sekitar Anda agar mengetahui informasi penting ini.

No comments