Breaking News

5 Bahaya Menggunakan Kipas Angin


5 Bahaya Menggunakan Kipas Angin - Tidur menggunakan kipas angin akan menyejukkan, tapi membawa dampak berbahaya bagi kesehatan. Jika udara panas dan pengap, pasti membuat Anda sulit tertidur pada malam hari. Untuk mengatasinya Anda akan menggunakan kipas angin. Bahkan tanpa ragu, Anda mengarahkan langsung kipas angi ke depan tubuh Anda.

Manfaat yang diberikan oleh kipas angin untuk kenyamanan tidur Anda merupakan hal semu. Apalagi jika ventilasi dalam kamar Anda tidak baik, kipas angin bisa memperparah sirkulasi udara. Udara yang ada di kamar Anda selama semalam adalah udara yang sama tanpa adanya pergantian. Dan ditambah lagi kandungan karbondioksida yang Anda keluarkan dari sisa pernapasan. Hal itu, berarti selama setiap malam Anda menghirup udara yang tercampur karbondioksida.


Bahaya Menggunakan Kipas Angin
Apakah tidak berbahaya bagi kesehatan Anda? Selain itu, juga masih ada beberapa bahaya kipas angin terhadap tubuh Anda. Mau tahu? Berikut ini adalah 5 bahaya menggunakan kipas angin :

1. Sesak Nafas
Mungkin kalau sekali atau dua kali Anda menggunakan kipas angin pada saat tidur Anda belum merasakan efeknya. Tapi, lama-kelamaan membuat Anda kekurangan oksigen lalu sesak napas dan fatalnya berujung pada kematian. Udara yang sama setiap malam dan Anda hirup kembali sisa dari pernapasan Anda sendiri. Hal itu yang akan membuat Anda mengalami sesak napas saat tidur dengan menyalakan kipas angin.

2. Membuat tubuh kekurangan asupan air
Rasanya tak enak jika tidur dengan keringat banyak, makanya Anda gunakan kipas angin sebagai solusinya. Padahal sebenarnya kipas angin yang mendinginkan ruangan Anda itu bisa mengakibatkan tubuh kekurangan asupan air. Padahal 70% tubuh membutuhkan air untuk membuat kinerja organ-organ tubuh berjalan dengan baik.

Selain itu, kulit Anda juga menjadi kering karena kurangnya asupan air dalam darah yang beredar di sekitar kulit. Hal ini berarti tidak hanya mengganggu kesehatan tetapi juga berpengaruh pada penampilan Anda.

3. Suhu dingin dalam ruangan bisa membuat otot Anda terasa nyeri dan kaku
Cairan lubrikasi yang berfungsi menguatkan otot dan persendian akan berkurang karena suhu dingin di dalam ruangan. Hal itu dapat membuat persendian Anda mengalami nyeri dan otot-otot Anda terasa kaku saat digerakkan. Tak mau kan masih muda sudah terkena encok? Apa jadinya kalau sudah tua nanti? Untuk itu, mulai sekarang sebaiknya Anda bisakaan diri untuk tidak menggunakan kipas angin ketika tidur.

4. Bisa membuat terserang ISPA (Infeksi Salurang Pernapasan)
Kipas angin bukanlah alat penyaring udara dan tidak bisa menyaring udara dengan baik di kamar Anda. Namun, kipas angin justru akan menyebarkan virus, kuman, dan bakteri lewat udara. Saat semua ruangan kamar Anda tertutup dan ventilasi kamar kurang baik, menyebabkan udara tidak mengalami pergerakkan. Apalagi Anda menggunakan kipas angin, maka udara yang berputar hanya itu-itu saja dan kembali lagi Anda hirup.
Nah, sirkulasi udara yang tidak baik dapat memicu perkembangan virus atau bakteri. Virus atau bakteri lalu bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh Anda dan bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Kalau sistem pernapasan Anda terganggu, maka kondisi tubuh juga sangat tidak baik.

5. Dapat menurunkan sistem imun tubuh
Penggunaan kipas angin membuat produksi keringat dalam tubuh menjadi berkurang. Padahal, produksi keringat adalah uasaha tubuh dalam mengatur suhu serta keseimbangannya. Keringat sangat dibutuhkan untuk menjaga kinerja sl-sel imun tubuh. apabila keringat tidak keluar dari tubuh, membuat suhu tubuh mengalami penurunan lalu keseimbangan tubuhpun terganggu. Pada akhirnya tubuh akan lebih mudah terserang berbagai penyakit.

Demikian adalah 5 bahaya menggunakan kipas angin. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda dapat lebih efisien dalam menggunakan kipas angin. Semoga bermanfaat.

No comments