Breaking News

Cara Alami Membersihkan Karang Gigi

Semuanya pasti setuju bila karang gigi sebenarnya sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, selain tidak enak dipandang, tentunya juga bisa menyebabkan nafas menjadi bau dan rongga mulut menjadi tidak sehat. Untuk itu, idealnya setiap orang rutin membersihkan plak dan mengecek kesehatan giginya ke dokter gigi secara rutin setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali. Dalam dunia kesehatan, karang gigi memiliki nama lain yaitu kalkulus gigi yang merupakan plak atau kotoran sisa makanan yang mengeras pada sela-sela gigi baik atas, samping, maupun bawah.



Karang gigi ini awal terbentuknya akibat reaksi zak kimia dengan protein dari hasil sisa-sisa makan yang masih menyangkut digigi juga bakteri yang hidup dirongga mulut.
Adapun beberapa masalah yang timbul akibat munculnya karang gigi adalah iritasi pada gusi, peradangan gusi, memicu resiko gigi berlubang, dan apabila tidak segera di atasi karang gigi akan semakin tebal, melekat dan lengket dengan gigi asli.

Faktor Munculnya Karang Gigi
Ada beberapa faktor yang harus kita waspadai, sebagai pemicu munculnya karang gigi, diantaranya adalah:
  1. Tidak rajin menggosok gigi, banyak sekali orang yang mengabaikan jadwal menggosok gigi dan berfikiran bahwa hanya cukup menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur. Padahal sebaiknya menurut saran dokter menggosok gigi dilakukan setiap kita selesai makan, dengan  tujuan agar sisa makanan pada sela-sela gigi tidak menjadi sarang bakteri. Pada umumnya saran dari dokter gigi menggosok gigi wajib hukumnya dlakukan setelah makan dan pada malam hari sebelum tidur karena kuman akan berkembang lebih cepat saat kita tidur.
  2. Memiliki kebiasaan mengkonsumsi makan yang menyebabkan munculnya plak, seperti kopi, teh, permen, coklat, makanan yang mengandung karbohidrat dan gula, serta kebiasaan merokok. Sehingga bagi anda penikmat makanan yang tersebut diatas atau seorang perokok aktif wajib hukumnya menggosok gigi setelah makan maupun setelah merokok.
  3. Menggosok gigi dengan cara yang salah, anda sudah rajin menggosok gigi setiap selesai makan namun tetap muncul yang namanya karang gigi membuktikan bahwa cara menggosok gigi anda kurang benar atau salah. Anda bisa mempelajari metode atau cara menggosok gigi yang benar dan baik di internet dan videonya pun ada banyak sekali di youtube.
  4. Munculnya plak gigi yang tidak segera di hilangkan, plak gigi yan muncul apabila dibiarkan saja bisa semakin tebal dan susah membersihkanya sehingga lama kelamaan akan membentuk menjadi karang gigi. Padahal apabila ada plak yang muncul dan masih sangat tipis sekali bisa dibersihkan hanya dengan menggosok gigi denga rajin dan rutin sesuai aturan namun jika sudah lama dan semakin tebal anda harus membersihkanya ke klinik gigi atau ke rumah sakit karena memang sudah melekat dan lengket pada gigi.
Masalah yang Ditimbulkan Oleh Karang Gigi
Karang gigi yang dibiarkan saja di gigi kita hingga bersarang dan tebal tentunya akan menimbulkan efek yang bahaya terhadap kesehatan rongga mulut dan juga gigi. Berikut beberapa efek yang ditimbulkan:
-       Mulut menjadi bau, hal ini dikarenakan adanya infeksi bakteri dari pembusukan sisa-sisa makan yang membentuk plak. Bakteri ini kemudian akan mengeluarkan toksin atau racun yang bisa merusak gusi dan mengeluarkan bau yang sangat parah. Tentunya ini akan sangat menganggu aktifitas anda terutama orang yang sedang anda ajak bicara.
-       Terjangkitnya radang gusi atau yang disebut dengan Gingivitis. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa adanya bakteri yang membusukan sisa-sisa makanan pada celah gigi akan menyerang gusi juga sehingga gusi akan terinfeksi dan membengkak, gejala awalnya biasanya gusi mengerut, kemudian bengkak dan warna gusi menjadi lebih merah dari gusi yang sehat sehingga lebih gampang terjadi pendarahan pada gusi.
-       Gigi berlubang, dikarenakan jaringan gigi yang rusak sebab terinfeksi bakteri pada plak atau karang gigi sehingga tulang  gigi menjadi lebih renta dan gampang berlubang.
-       Gangguan kesehatan lainya seperti gangguan pernafasan, gangguan jantung, strok dan bahkan masih banyak lagi. Kenapa demikian karena jaringan gigi yang rusak yang terinfeksi oleh bakteri memudahkan bakteri tersebut masuk kedalam tubuh bersamaan dengan darah yang mengalir keseluruh tubuh.

Cara Alami Membersihkan Karang Gigi

Ada beberapa cara alami yana bisa anda lakukan dirumah untuk mebersihkan karang yang menempel pada gigi anda. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Menggosok gigi secara rutin sesuai dengan prosedur cara menggosok gigi yang benar dan baik. Adapun teknik menggosok gigi yang benar dan baik adalah memegang sikat gigi dengan besar sudut 45 drajat di tempatkan pada batas garis gusi dan gigi. Kemudian gosokan perlahan pada gigi anda, jangan lupa menggosok seluruh bagian gigi mulai dari gigi depan, gigi atas bawah permukaan luar dan juga permukaan dalam. Cara menggosokkan gigi depan sikatkan secara vertikal naik turun.
  2. Menggunakan siwak gigi, tentu sudah tidak asing lagi apa itu siwak? Siwak merupakan ranting pohon yang kemudian dibentuk seaman mungkin untuk dipergunakan membersihkan gigi. Ranting yang dipakai umumnya adalah ranting pohon arak atau salvador persica pohon ini banyak tumbuh di kawasan Afrika, saudi arab dan juga asia barat.
Siwak sudah dipakai sejak zaman dahulu dan kegunaanya pun memang untuk menggosok gigi sebelum adanya sikat gigi seperti sekarang ini. Menurut penilitian siwak mengandung enzim yang bisa mencegah terbetuknya plak pada gigi karena mengandung juga senyawa asam antibakteri. Selain itu ada zat lain yang ditemukan pada sifak yang ternyata juga merupakan zat yang terkandung pada pasta gigi seperti flouride, vitamin c, pottasium, tannin, sulfur, klorida dan masih banyak lagi.

  1. Memakai benang gigi untuk membersihkan celah-celah gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Ada beberapa plak yang muncul yang terbentuk di bagian ujung gigi berdekatan dengan gusi sehingga susah dijangkau oleh sikat gigi dan cara mudah menghilangkanya yaitu dengan benang gigi tersebut.
  2. Menggunakan bahan-bahan alami seperti :
-       Jambu biji, menurut penelitian jambu biji ini mampu dijadikan sebagai obat penyakit periodental atau penyakit yang berhubungan gusi berguna juga untuk mengatasi inflamasi dan rasa nyeri. Caranya mudah cukup kunyak jambu biji yang telah dipotong-potong dibagian karang gigi yang bersarang lakukan 2 kali sehari hingga karang gigi terlihat memudar.
-       Baking soda, selain berguna untuk membuat adonan kue mengembang baking soda juga bisa merontokkan karang gigi karena bersifat basa sehingga bisa menetralkan pembusukan asam yang terjadi di rongga mulut.
Penyajianya cukup mudah, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan setengah sendok teh garam kemudian sikatkan campuran tersebut pada gigi yang terjangkit karang, sikatkan seperti biasanya anda menyikat gigi. Jika dirasa cukup berkumurlah dengan air hingga bersih. Cara ini hanya boleh dilakukan 1 kali dalam seminggu karena baking soda bisa mengikis enamel gigi dan mengakibatkanya rusak.

Nah, sekarang sudah tahukan cara membersihkan karang gigi yang benar? Semoga bermanfaat

No comments