Breaking News

Mengatasi Gigi Kuning dengan Cara Alami yang Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah

Sebagaimana yang kita tahu, gigi adalah salah satu anggota tubuh yang tidak kalah pentingnya dengan anggota tubuh yang lain. Dan tentunya tubuh kita ini adalah satu rangkaian, yang apabia salah satu anggotanya merasakan sakit atau merasa ada yang tidak beres anggota tubuh lainya pun akan merasakan demikian, seperti hal nya gigi.

Dan bicara mengenai gigi, masalah yang seringkali muncul pada organ ini ialah berlobang, ditumbuhi plak, karang gigi, serta warna gigi yang kuning. Biasanya,  faktor yang paling umum sebagai pemicu masalah diatas hampir sama, yaitu kurang hati-hatinya kita dalam merawat dan menjaga kesehatan mulut serta gigi.

Munculnya Warna Kuning Pada Gigi

Warna kuning pada gigi tentu sangat tidak enak dipandang apalagi bagi anda yang memang setiap harinya harus bertemu dengan banyak orang, berbicara didepan audience, dan harus selalu tersenyum didepan kamera. Gigi kita tidak kalah menariknya dengan wajah kita sehingga akan selalu menjadi sorotan lawan bicara.

Apa penyebab gigi berwarna kuning? Ada beberapa faktor yang diyakini sebagai pemicunya. Diantaranya adalah:
  1. Salah satu faktor utama penyebab gigi kita berwarna kuning adalah usia yang bertambah, karena ini bisa menjadi peristiwa alami dari proses penuaan ubuh anda. Peristiwa ini terjadi karena lapisan pelindung putih yang kuat pada gigi dan juga juga sebagai enamel sudah terkikis karena usia.
  2. Salah satu faktor yang menyebabkan gigi menjadi kuning yaitu merokok, kebiasaan merokok jadi jika anda memang seorang publice figure atau seseorang yang kerap kali berbicara didepan banyak orang agar meghindari kebiasaan merokok.
  3. Cara menyikat gigi yang salah tidak sesuai dengan prosedur menyikat gigi dengan bener, karena jika tidak benar sisa-sisa makanan masih menempel di celah-celah dan mengakibatkan gigi menjadi kuning.
  4. Sering mengkonsumsi kopi atau teh, karena mengandung  kafein sehingga jika dikonsumsi terlalu sering bisa menyebabkan gigi berwarna kuning. Jadi jika setelah minum kopi atau teh sebaiknya anda menyikat gigi.
  5. Sangat jarang membersihkan gigi, ini sangat fatal karena selain sebagai tempat sisa-sisa makanan juga menjadi tempat bersarangnya bakteri yang membusukkan sisa-sisa makanan tersebut. Selain menyikat gigig usahakan juga memakai obat kumur gigi.
  6. Mengkonsumsi Alkohol, alkohol merupakan minuman yang memabukkan selain tidak baik buat kesehatan tubuh ternyata juga tidak bagus untuk gigi kita karena bisa menyebabkan gigi berwarna kuning.
Mengatasi Gigi Kuning dengan Cara Alami

Tips memutihkan gigi sebenarnya ada banyak sekali caranya, mulai dari cara yang disarankan medis/dokter hingga cara alami yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Dan terkait dengan cara alami, berikut adalah beberpa cara yang disarankan dan bisa dilakukan sendiri dirumah:
  1. Menggunakan strowberi, selain bentuknya yang imut dan rasanya yang enak buah stroberi ternyata mempunyai manfaat yang tidak pernah kita sangka-sangka yaitu dapat memutihkan gigi karena mengandung asam malat dan juga asam askorbat yang berfungsi guna mengurangi noda di gigi.
Caranya yaitu siapkan terlebih dahulu buah stroberi dan baking soda denga takaran 1 buah dan 1 sendok teh. Kemudian hancurkan buah stroberi tersebut dan campurkan dengan baking soda setelah tercampur oleskan ramuan tersebut pada sikat gigi selanjutnya sikatkan pada gigi anda seperti sedang menyikat gigi pada umumnya diamkan selama beberapa menit jika dirasa cukup bilas dan sikat gigi anda menggukana pasta gigi terus kumur-kumur hingga bersih. Aturan pakainya 1 kali dalam seminggu.
  1. Menggunakan ramuan dari rempah kunyit, selain sebagai bahan bumbu dan juga bahan yang wajib ada di dapur kunyit ternyata memiliki manfaat yang luar biasa banyaknya. Kunyit nisa dimanfaat untuk merawat kulit, dan bisa juga untuk memutihkan gigi secara alami.
Kunyit memiliki sifat yang bernama abrasif ringan sehingga mampu menghapus noda pada gigi selain itu juga bisa menjauhkan gigi dan gusi anda dari mokroba atau bakteri yang berbahaya.
Caranya terlebih dahulu siapkan seper delapan sendok teh bubuk kunyit dan juga sikat gigi, kemudian taburkan bubuk tersebut pada sikat gigi dan sikatkan pada gigi anda seperti biasanya anda menyikat gigi. Diamkan selama kurang lebih 2 hingga 3 menit dan bersihkan dengan berkumur sampai dirasa tidak ada lagi sisa bubuk kunyit yang menempel digigi. Kemudian sikat gigi anda menggunakan pasta gigi yang biasa anda pakai.
  1. Menggunakan jeruk lemon, jeruk lemon memiliki manfaat yng banyak sekali, mengandung juga vitamin c yang tinggi sehingga selain dimanfaatkan untuk minuman kesehatan banyak pula dimanfaatkan sebagai bahan dasar skincare.
Dibalik segudang manfaatnya jeruk lemon ini ternyata juga bisa memutihkan gigi, karena selain mengandung vitamin c juga mengandung asam sitrat yang memiliki fungsi untuk memutihkan gigi secara alami.
Caranya, terlebih dahulu siapkan satu buah jeruk lemon yang segar potong kecil hingga menjadi beberapa bagian. Kemudian gosok-gosoknya potongan buah lemon tersebut pada seluruh bagian gigi anda dan jika dirasa sudah cukup bersihkan dengan cara kumur-kumur hingga bersih hingga dirasa tidak ada lagi sisa perasan air lemon yang menempel pada gigi.
  1. Menggunakan air perasan jeruk nipis, karena masih masuk dalam kategori jeruk tentu kandunganya tidak jauh berbeda dengan jeruk lemon dan bisa memutihkan gigi secara alami. Caranya mengaplikasikanya agak berbeda yaitu potong jeruk nipis hingga mejadi 2 bagian kemudian peras dan campurkan air hasil perasan jeruk nipis ini dengan air hangat kemudian gunakan hasil larutan air jeruk niis tersebut untuk berkumur-kumur.
  2. Menggunakan Neem atau mimba, neem atau mimba ini adalah sejenis dari dedaunan yang masih dalam golongan tanaman perdu dan mengandung zat azadirahtin yang berfungsi sebagai anti bakteri dan bisa sekaligus memutihkan gigi.
Caranya terlebih dahulu siapkan 4 hingga 5 lembar daun mimba atau neem juga satu setengah gelas air putih. Kemudian rebus daun tersebut selama beberapa menit jangan sampai air terlalu panas. Diamkan beberapa waktu hingga suhunya tidak terlalu panas alias berasa suam-suam kuku dan gunakan hasil rebusan tersebut untuk berkumur-kumur sebelum dan sesudah menggosok gigi. Bahanya sangat aman sehingga bisa anda lakukan rutin setiap hari atau sesuai dengan kebutuhan.

  1. Menggunakan biji buah pinang, buah pinang ini mengandung zat yang bernama astringent dan juga hemostatik yang berasal dai zat tanin, dan ternyata bisa dan ampuh guna memutihkan gigi. Caranya yaitu terlebih dahulu siapkan biji buah pinang jumlahnya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, kemudian bakar biji tersebut hingga hangus setelah hangus tunggu hingga dingin kemudian tumbuh dan oleskan pada stiap bagian gigi merata hingga di celah-celahnya. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan berkumur-kumur dan sikat gigi menggunakan pasta gigi.
Nah, demikianlah ulasan yang bisa saya sampaikan terkait cara mengatasi gigi kuning dengan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita, semoga bermanfaat.

No comments